pinjaman online

Tidak semua orang bisa pinjam dana lewat bank dengan mudah. Ada beberapa persyaratan dan rangkaian yang harus dipenuhi sebelum bank memberikan pinjaman. Selain itu, bank umumnya hanya memberikan pinjaman pada nasabah yang punya kredit skor cukup baik sehingga bisa lebih mudah disetujui.

Lalu apa itu kredit skor? Kredit skor dapat dipahami sebagai salah satu standar nilai yang ditetapkan oleh bank terhadap calon debitur atau nasabah yang mengajukan pinjaman. Salah satu yang paling berpengaruh terhadap kredit skor adalah menuntaskan semua kewajiban terkait dengan lembaga keuangan.

Pinjam dana memang masih jadi salah satu andalan karena alasan bunga yang rendah. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba ketika mengajukan pinjaman ke bank berikut ini meskipun sudah ada banyak penawaran pinjaman dari pinjaman online. 

1. Cek skor kredit kamu

Kamu bisa melakukan pengecekan mulai dari rekening atas nama sendiri, serta memastikan bahwa semua utang yang dimiliki dibayarkan tepat pada waktunya. Jangan sampai masih ada utang yang tertunggak atau belum dibayarkan.

Salah satu yang membuat skor kredit kamu jeblok adalah kerap kali membayar kartu kredit dengan jumlah minimal. Agar bisa mendapatkan kepercayaan dari bank, penuhi dulu kewajiban-kewajiban yang ada, barulah mencoba untuk mengajukan pinjaman baru.

2. Perbaiki dulu jika skor kredit kamu masih jeblok

Jika nilai skor kredit ternyata masih jeblok, jangan memaksakan diri mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan konvensional seperti bank. Karena, skor kredit sangat berpengaruh besar terhadap persetujuan pinjaman.

Selain itu, batasi penggunaan kartu kredit apalagi kerap kali menggunakannya lebih dari limit yang dimiliki. Cara seperti itu justru akan semakin mempersulit mendapatkan persetujuan kredit atau pinjaman baru dari bank. 

3. Pahami bahwa pinjaman juga berpengaruh terhadap skor kredit

Pinjaman yang berpengaruh terhadap skor kredit bukan diukur berdasarkan besar kecilnya pinjaman yang diajukan, melainkan jumlah pinjaman terhadap kemampuan finansial debitur. Bank memiliki mekanisme dan cara kerja yang mudah dipahami.

Umumnya, bank hanya memberikan pinjaman sekitar 70% dari nilai taksiran aset yang digadaikan. Misalnya kamu meminjam uang Rp500 juta dengan menggadaikan tanah seluas 200 meter persegi.

Bank tidak akan memberikan pinjaman bulat sebesar Rp500 juta, melainkan menghitung terlebih dahulu nilai pasar tanah yang digadaikan atau dijadikan jaminan, kemudian memberikan pinjaman 70% dari harga tanah yang diagunkan. 

Oleh karena itu, perhitungkan kembali pinjaman yang diajukan dengan kemampuan finansial terutama jika sudah punya utang lain yang belum diselesaikan.  

4. Ketahui jenis pinjaman dengan baik

Lembaga keuangan seperti bank pun punya jenis pinjaman yang berbeda. Secara sederhana, pinjaman di bank ada yang mensyaratkan agunan atau jaminan dan ada juga pinjaman tanpa jaminan atau agunan yang dikenal dengan kredit tanpa agunan.

Ketahui bahwa kedua jenis pinjaman tersebut punya cara kerja dan syarat masing-masing sehingga perlu diperhatikan besaran bunga, tenor dan juga besaran biaya administrasi yang harus dibayarkan.

Dengan begitu, kamu benar-benar matang ketika ingin mengajukan pinjaman di bank karena sudah mengetahui karakteristik dan perbedaannya antara pinjaman dengan jaminan dan tanpa jaminan.

5. Buat rencana pembayaran pinjaman dengan matang

Jika skor kredit sudah terpenuhi dan sudah memenuhi persyaratan yang disyaratkan oleh bank bukan berarti tidak ada pertimbangan lainnya. Salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan membayar cicilan.

Idealnya, cicilan yang dibayarkan tidak lebih dari 30% pendapatan. Artinya, pada saat mengajukan pinjaman, sesuaikan nominalnya dengan kemampuan, dalam hal ini adalah pemasukan rutin bulanan agar tidak terjadi kredit macet.

Jika tips tersebut sudah dijalankan dan masih mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman, kamu bisa memilih fintech yang punya fitur pinjaman dengan mudah hanya lewat aplikasi saja. Contohnya seperti Kredivo. Hanya dengan aplikasi Kredivo, pinjam dana jadi lebih mudah karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Pinjaman yang ditawarkan Kredivo adalah pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman lewat Kredivo, karena Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan  nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia.

Ketahui Syarat Pinjaman Kredivo

Untuk bisa mengajukan pinjaman berbasis aplikasi ini, pastikan terdaftar dulu sebagai member Kredivo. Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Ketahui Bunga Pinjaman Kredivo

Kredivo memberikan bunga pinjaman 2,95% per bulan. Bunga tersebut sangat terjangkau. Jika digunakan untuk belanja online atau pembayaran berbagai tagihan, Kredivo tidak menyertakan biaya administrasi. Selain itu, kamu juga bisa belanja online tanpa bunga asal dibayarkan di bulan selanjutnya atau memilih tenor singkat selama 30 hari.

Perlu diketahui bahwa biaya administrasi sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman dana tunai saja. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali, dihitung dari jumlah keseluruhan pinjaman dan akan dipotong di muka.

Misalnya untuk pinjaman sebesar Rp1 juta, maka biaya administrasi yang akan dipotong dari pinjaman adalah sebesar Rp60.000. Cukup rasional bukan? Apalagi pinjaman ini tidak perlu jaminan atau agunan. 

Daftar sekarang lewat aplikasi Kredivo. Unduh aplikasinya secara resmi lewat situs Kredivo atau Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *