Salah satu alat transportasi yang paling memiliki peran dalam kehidupan sehari hari kita adalah sepeda motor. Selain harga nya yang tergolong lebih murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan dibanding  kendaraan lainya. Sepeda motor juga fleksibel untuk kita bawa bepergian.  Oleh karena itu jika kita mempunyai sepeda motor ada baiknya untuk memperhatikan bagaimana kondisi sepeda motor tersebut selayaknya melakukan perawatan secara rutin dengan  membawa nya ke bengkel motor resmi maupun bengkel motor  umum.

Meski banyak diantara kuta yang memiliki kendarabba yang satu ini, namun tidak jarang diantara kita yang tidak mengerti kapan sebenarnya wakti yang tepat untuk service motor itu sendiri. Sehingaa banyak dari kita yang sudah terlewat masa service yang membuat performa Sepeda motor kita berkurang.

Jika kamu dalah salah satu yang mempunyai pegalaman seperti itu. Ada baiknya menyimak ulasan yang ada di bawah ini yang singkat namun detail serta bermanfaat. Mengenai waktu yang tepat atau kapan kita membawa motor kita ke bengkel motor untuk service dan perawatan. Jangan sampai oli sudah habis baru melakukan service ya.

Gunakan Speedometer sebagai patokan

Hasil gambar untuk site:yamaha-motor.co.id teknisi

Waktu yang tepat untuk melakukan service berkala adalah dengan memperhatikan Speedometer kendaraan anda. Dalam hal ini, anda busa menggunakan setiap pertambahan jarak tempuh 2000 km atai 3000 km untuk melakukan service ulang di bengkel motor resmi maupun bengkel motor umum.

Berpatokan Pada Hitungan Bulan

Hasil gambar untuk site:yamaha-motor.co.id teknisi

Selain pada speddometer, kamu juga bisa menghitung bulan, Jika berpatokan pada bulan, kamu bisa melakukan service pda motor kamu selama 3 bulan sekali aataupun 2 bulan sekali secara rutin. Agar tidak terlewat serta kelupaan anda bisa membuat memo atau catatan kecil pada kalender anda per 3 bilan, agar anda bisa melakukan service secara berkala.

Ketika Motor Anda sedang bermasalah

Hasil gambar untuk site:yamaha-motor.co.id teknisi

Waktu yang tepat untuk melakukan service motor ke bengkel motor adalah saat menemui masalah. Hal ini wajib dan mutlak anda lakukan ya. Karena pada saat ada masalah namun anda tak kunjung melakukan service. Maka resiko merambat pada komponene lain akan bertambah. Jika seperti itu biaya yang kamu keluarkan juga akan berbeda dengan biaya service rutin seperti biasa dan pastinya lebih mahal.

Nah ada tambahan lain pada saat menyervice motor baik itu di bengkel motor motor yang resmi yang disediakan oleh vendor motor, maupun bengkel motor umum. Jangan lupa ganti oli secara berkala, karena oli adalah hal penting dalam lajunya sepeda motor. Dengan digantinya oli, gesekan di dalam mesin motoryang bisa membuat motor berkurang tidak akan bekerja terlalu berat dan membuat mesin kita panas. Jarang mengganti oli menyebabkan mesin mudah panas serta kerusakan yang fatal. Mengakibatkan motor kamu mati total dan untuk meperbaikinya membutuhkan waktu dan materi yang cukup banyak. Juga sampaikan keluhan keluhan kecil pada mekanik di bengkel motor agar pada saat service semuanya tuntas dan motor kamu bisa kembali dengan performa yang terbaik. Sempatkan berbincang dengan mekanik saat mekanik mengerjakan motor kamu. Momen seperti ini adalah momen dimana kamu bisa mencari tahu spare part apa yang rawan rusak dan apa saja mengenai motor anda. Juga jangan lupa cuci motor kamu selain service supaya enak dipandang serta spare paert yang ada di dalam terhindar dari kotoran dari luar seperti debu dan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *