Pada April 2018, pasar otomotif di Indonesia dimeriahkan sejumla produk mobil baru. Tiga model yang paling santer adalah Toyota C-HR, Suzuki Ertiga terbaru dan Sokon Glory 580. Pasalnya, setelah kendaraan tersebut meluncur banyak sekali orang yang kredit mobil.

Hasil gambar untuk site:astra.co.id kredit

Sejak kehadiran mobil konsep Toyota C-HR di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show pada tiga tahun sebelumnya telah mendapatkan respon positif. Baik itu dari dealer maupun pengunjung. Hal itu yang membuat PT Toyota Astra Motor berusaha sesegara mungkin membawa mobil C-HR itu ke Indonesia.

Pemesanan Toyota C-HR saat itu belum bisa dilihat karena belum ada harga atau barangnya. Tapi animo masyarakat yang bertanya sudah cukup banyak. Toyota C-HR sudah bisa dipesan mulai April 2018 dengan tanda jadi Rp 5 juta.

Toyota C-HR yang masuk ke Indonesia menggunakna mesin 1.8 L. Sama seperti Toyota C-HR di Malaysia. Mesin dengan kode 2ZR FE pada Toyota C-Hr sama seperti yang digunakan pada Toyota Corolla Altis. Toyota C-HR bermesin 1.8 L ini berhadapan dengan kompetitor seperti Honda HR-V 1.8 L dan Mazda CX-3.

Harga Toyota C-HR berkisar di angka Rp 450 juta hingga Rp 500 juta. Saat itu sudah banyak konsumen yang menanyakan tentang Toyota C-HR. Tapi belum boleh jualan pada saat itu. Model selanjutnya adalah Suzuki Ertiga.

Persaingan di kelas Low SUV memang semakin ketat karena merk lain mulai mengeluarkan model mobil baru. Suzuki Ertiga ramai diberitakan di dunia maya saat itu. Model terbarunya sempat tertangkap kamera sedang diuji di jalanan India.

Secara keseluruhan, Suzuki Ertiga terbaru itu tampil beda dengan model yagn sekarang ini dipasarkan. Dimensinya bertambah besar dan lebih panjang yang kemungkinan besar ingin memberi ruang kabin lebih lapang untuk penumpang.

Sementara pada saat itu juga, Toyota Aanza yang penjualan wholesalesnya disalip Mitsubishi Xpander, belum ada rencana model mobil baru. Sebab PT Toyota Astra Motor masih fokus ke pengiriman unit All New Toyota Rush karena pemintanya melebihi target yang diperkirakan.

Meski demikian, isyarat akan meluncurkan produk mobil baru untuk memperkuat pasar Toyota di Indonesia. Toyota sedang mempersiapkan beberapa produk mobil baru dan beberapa sudah diluncurkan. Ada beberapa lagi untuk produk mobil baru maupun veersi facelift.

Satu model lagi yang bakal meluncur di pasar Indonesia adalah SokonGlory 580. Sebuah SUV yagn sebenarnya sudah diperkenalkan akhir tahun lalu berbarengan dengan peresmian pabrik Sokon di Serang, Banten.

Model itu menyasar kelas SUV menengah yang dihuni Honda CR-V, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Hondar CR-V merupakna model terdeka yang menjadi sasaran mobil baru yang diproduksi pabrikan China ini.

Secara dimensi, Sokon Glory 580 tak berbeda jauh degnan Honda CR-V. Dapur pacu sama-sama menggunakan mesin 1.5L turbo, sama-sama 7 seater. Indonesia akan menjadi basis produksi Sokon Glory 580 setir kanan dan diekspor ke negara-negara kawasan regional.

Ke depan, dari Indonesia akan diekspor lebih banyak ke negara di Eropa, Afrika, Asia, Austria dan Amerika. Harga resmi untuk Sokon Glory 580 dirilis pada Februari 2018, tepat pada saat peluncuran resmi.

Meski demikian, kisaran untuk range harga  Soon GLory 580, dipasarkan dengan kisaran harga Rp 300 sampai Rp 350 juta. Harga ini terpaut jauh dibanding harga Hondar CR-V yang saat diluncurkan apda April 2017, dilepas mulai dari RP 466 untuk mesin 1.5L turbo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *