genset silent murah industri

Salah satu solusi ketika sedang mati listrik mendadak di tengah aktivitas adalah menggunakan genset. Memang membeli genset bukanlah hal yang mudah karena butuh perhatian banyak dan khusus untuk mengoperasionalkannya. Meskipun mendapatkan genset murah juga bukan hal yang mudah. Sebelum membeli genset baru maupun bekas, ada baiknya beberapa hal diperhatikan terlebih dahulu

  1. Kebutuhan Daya

Sebelum membeli genset, ada baiknya pikirkan dan perhitungkan berapa daya yang dibutuhkan. Satuan KW atau KVA merupakan daya yang biasanya dibutuhkan dalam penggunaan genset.

Perhatikanlah kebutuhan listrik pada tempat yang akan ditempati genset tersebut. Bisa dihitung dari jumlah lampu, AC, Radio, TV dan alat elektronik lainnya. Dari situ hitunglah jumlah watt dan KWh yang dibutuhkan dari daya listriknya.

  1. Mencari Jenis Bahan Bakar yang Cocok

Mengetahui jenis bahan bakar yang cocok dengan mesin genset itu penting. Mesin genset bisa diisi bahan bakar sola, bensin atau gasoline. Tapi biasanya bahan bakar solar yang paling sering digunakan oleh pengguna genset.

Bahan bakar itu mudah dicari sehingga lebih sering digunakan. Keamanan juga salah satu alasan menggunakan solar karena sulit terbakar. Tidak berbau menyengat dan tidak ada zat racun juga adalah pertimbangan lain.

Sementara bahan bakar bensin atau gasoline hampir sama seperti solar dari segi banyaknya pengguna. Tapi bahan bakar ini lebih efektif digunakan untuk genset kecil. Tapi mudah terbakar, bau dan juga menguap adalah kekurangan mesin berbahan bakar bensin atau gasoline ini.

  1. Memilih Model Genset

Terbuka maupun tertutup adalah dua model genset. Genset tertutup lebih kedap suara dan model terbuka lebih berisik. Hanya saja model terbuka lebih mudah dioperasionalkan. Silahkan cocokan dengan tempat di mana genset akan digunakan.

Tapi ada baiknya memilih genset yagn pengoperasiannya lebih mudah dan tidak ribet. Pilihan itu tidak akan membuat kesulitan saat menghidupkan dan mematikan genset yagn dimiliki.

  1. Pertimbangkan Kelangkaan Suku Cadang

Suku cadang genset penting dalam perawatan maupun perbaikan. Agar dihindari jika suku cadang sulit dicari meskipun harga genset murah bisa didapatkan.

  1. Teliti Soal Reputasi Genset

Lebih baik pililah genset yang mereknya sudah terkenal. Bisa dibicarakan dengan orang-orang yang ahli dan pengalaman soal penggunaan genset. Hal itu bisa membantu dan lebih terpercaya soal kualitas dan teknologi genset tersebut.

Lihatlah brand produk dari pabrik yang memproduksinya. Cari juga tentang instalasi, cara pemeliharaan dan perawatan dari genset terkait. Hal itu semua akan mempengaruhi kinerja genset tersebut.

  1. Ingat Soal Garansi

Pastikan jika produk tersebut memiliki masa garansi ketika genset murah dibeli. Apalagi yang namanya kerusakan tidak bisa ditebak kapan terjadinya. Segera bawa genset ke distributor jika genset rusak dan masih memiliki garansinya.

  1. Cermat Membeli

Banyak referensi pembelian genset murah di berbagai iklan dan promosi. Apalagi persaingan penjualan genset cukup besar agar target jual terpenuhi. Kuncinya adalah cermat dalam mencari dan membeli.

Salah satu perhatiannya adalah genset yang berkualitasi baik pada umummnnya tampil rapih. Pemotongan pelat juga menggunakan laser dan penyelesaian akhir tidak menggunakan cat biasa.

Suara yang dikeluarkan saat nyala dari mesin juga tidak berisik dan bergetar secara berlebihan. Jika tidak cermat dan asal-asalan saat membeli genset, tips-tips sebelumnya tentu saja tidak akan berlaku. Pilihla genset yang efisien dan efektif seusau budget. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *