Hasil gambar untuk blueband.co.id rainbow cake

Siapa bilang memasak kue harus selalu menggunakan oven? Tanpa oven pun, anda tetap bisa menciptakan kue-kue seperti kue tart, brownies, cupcake, dan kue-kue terkenal lainnya. Caranya adalah dengan mengukus kue. Ya, saat ini memang banyak sekali para pembuat kue yang membuat kue dengan cara dikukus, bahkan teksturnya juga tidak jauh beda dengan yang menggunakan oven.

Seperti contohnya rainbow cake, kue yang benar-benar hits dari dulu hingga sekarang, ternyata bisa dibuat dengan cara dikukus! Reesepnya pun tidak jauh berbeda, hanya cara memanggangnya saja yang beda. Dengan cara ini, para wanita yang gemar meamasak tidak perlu membeli oven yang mahal dan membuang uang. Mereka hanya perlu kekreatifan dalam mengolah kue sederhana.

Bagi anda yang penasaran bagaimana kue sekelas rainbow cake bisa dibuat dengan cara dikukus, berikut ini adalah resep kue kukus rainbow cake yang bisa anda praktekkan di rumah :

Bahan – bahan rainbow cake kukus :

  • 300 gram gula pasir
  • 300 ml minyak sayur atau mentega cair
  • 200 gram tepung terigu
  • 8 butir telur
  • Butter cream secukupnya
  • 6 pewarna makanan yaitu merah, kuning, hijau, biru, jingga, dan ungu
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • Setengah sendok teh vanili bubuk
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih. Masukkan vanili dan sedikit garam. Aduk lagi secara merata.
  2. Campur tepung terigu dengan baking soda dan baking powder kemudian tuang sedikit demi sedikit ke adonan telur. Aduk perlahan menggunakan spatula.
  3. Masukkan minyak sayur atau mentega cair ke dalam adonan lalu aduk lagi hingga rata.
  4. Siapkan 6 buah mangkok, lalu bagi adonan kue ke dalam 6 mangkok tersebut. Masing-masing berikan pewarna yang berbeda.
  5. Masukkan satu adonan ke dalam satu Loyang yang sudah diolesi mentega dan kertas roti. Kukus adonan tersebut secara bergantian selama 20 menit.
  6. Susun setiap kue yang sudah jadi di atas piring. Oleskan terlebih dahulu butter cream sebelum ditutup dengan dengan lapisan kue berikutnya
  7. Setelah semua tersusun, tutupi semua permukaan kue dengan butter cream lalu hias dengan cantik.

Rainbow cake kukus anda sudah jadi! Cukup mudah bukan? Dengan demikian, kitapun bisa memberikan makanan yang lezat untuk keluarga kita tercinta. Hal tersebut tentu akan membuat anak lebih gemar di rumah, dibandingkan jajan di luar.

Dengan membuat berbagai masakan lezat dan enak, selain melatih keterampilan kita dalam memasak. Juga menjadikan kita bisa lebih berhemat dalam pengeluaran sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *