Terkadang ada beberapa bahan yang kita anggap sebelah mata, dimana kita lebih memilih bahan-bahan mahal untuk perawatan wajah wanita. Padahal bila kita tahu manfaat yang sebenarnya, bahan-bahan tersebut sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Terutama untuk mengencangkanya. Tak percaya?

Nah berikut ini adalah beberapa bahan yang kita anggap sebelah mata tetapi terbukti ampuh mencerahkan kulit wajah. Hal yang perlu diingat, bahwa artikel ini masih butuh penelitian lebih lanjut dan tinjauan dari segi medis yang lebih mendalam.

  1. Kantong Teh

Sejak dahulu kala teh telah dikenal sebagai bahan yang memiliki banyak manfaat. Sehingga tak mengherankan minum teh di pagi hari menjadi suatu kebiasaan di sebagian negara, Jepang contohnya. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan ternyata teh juga ampuh untuk membuat anda tampil cantik. Hadirnya teh dalam bentuk kantong merupakan salah satu inovasi yang memudahkan kita dalam menikmati teh tanpa adanya pengurangan nilai manfaatnya. Lalu apa yang biasa anda lalukan dengan kantong teh bekas yang telah anda gunakan, membuangnya?. Ternyata, meski telah digunakan, kantong teh bekas tak luput dari manfaat, terlebih untuk mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan tenin yang terdapat pada teh. Dimana antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam, sedangkan tenin memiliki manfaat untuk mengurangi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

Untuk memproleh wajah yang cerah alami dengan kantong teh sangatlah mudah. Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan beberapa kantong teh yang telah anda gunakan. Lalu pisahkan isinya dari kantongnya. Setelah itu letakkan isi teh ke seluruh bagian wajah anda, diamkan beberapa saat hingga teh kering. terakhir, biilaslah menggunakan air bersih. Perawatan ini dapat anda lakukan secara rutin guna memperoleh wajah yang cerah dan sehat.

  1. Ampas Kopi

Selain teh, ampas kopi juga memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah. Untuk mendapatkan manfaat ampas kopi, yang harus anda lakukan adalah dengan memisahkan ampas dari airnya. Kemudian oleskan secara menyeluruh ke wajah ampas kopi tersebut. Diamkan beberapa menit hingga mengering, dan bilas menggunakan air bersih. Perawatan secara rutin menggunakan ampas kopi ini dapat membuat wajah anda terlihat cerah dan halus. Hal ini dikarenakan nutrisi pada kopi yang bermanfaat menjadikan kulit wajah anda cerah dan halus.

  1. Air Cucian Beras

Bahan bekas terakhir yang dapat menjadikan wajah anda cerah alami adalah air cucian beras. Selain mudah, perawatan ini pastinya tanpa efek samping karena menggunakan bahan alami. Langsung saja, pertama yang harus anda lakukan adalah merendam beras dalam air, aduk – aduk hingga air berwarna putih seperti susu. Setelah itu pisahkan air dengan berasnya, dan diamkan hingga terbentuk endapan di bawah. Nah, endapan inilah yang dapat anda jadikan sebagai masker wajah. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakannya secara rutin.

Disamping dapat memutihkan wajah, perawatan menggunakan air cucian beras juga dapat membuat kulit anda terasa kencang dan kenyal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat Oryzanol di dalamnya. Fungsi dari zat ini adalah sebagai penangkal sinar ultraviolet, sehingga kulit tidak terbakar dan terjaga kesehatannya.

Nah itulah beberapa bahan yang biasanya kita buang tapi ternyata bisa jadi behan untuk perawatan kulit wanita khususnya pada bagian wajah agar tampak lebih putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *