Cara merawat bayi agar cerdas bisa dimulai sejak dalam kandungan, dan kali ini kita akan bicara itu semua, khususnya yang masih di bawah satu tahun. Pastinya sebagai orang tua anda menginginkan memiliki buah hati yang tumbuh dan kembang secara cerdas. Anda pasti akan senang jika buah hati anda nantinya tumbuh dan kembang menjadi orang yang cerdas di masa depan.

10 Cara Merawat Bayi Agar Cerdas

Berikut ini cara merawat bayi usia di bawah satu tahu biar cerdas yang dapat anda aplikasikan dalam proses merawat bayi anda sehari-harinya :

  • Berikan bayi anda ASI ┬ásecara eksklusif hingga 6 bulan karena ASI mengandung nutrisi yang bagus untuk perkembangan kecerdasan bayi, terutama ASI pada awal keluar banyak mengandung kolostrum yang bagus untuk kekebalan bayi anda. Tidak hanya itu ASI membantu mengeratkan tali kasih sayang anda dengan bayi anda. Bayi anda akan tumbuh cerdas dan sayang kepada anda. Oleh karena itu sekarang sedang digalakan program Inisiasi Menyusu Dini.
  • Setelah bayi anda berusia 6 bulan plus anda dapat memberikan makanan pendamping ASI. Makanan pendamping ASI anda usahakan yang mengandung banyak gizi dan vitamin agar bayi anda tumbuh cerdas nantinya. Anda bisa memberikan bubur dengan lauk-pauk ikan, daging, telur dan sayur mayur yang tinggi vitamin dan zat besi. Anda juga bisa mulai memperkenalkan dengan buah-buahan yang tinggi vitamin dan zat anti oksida.
  • Anda bisa mengajak bayi anda keluar rumah dan melihat lingkungan sekitar anda. Andapun bisa mengucapkan kata-kata dari benda-benda yang berada di sekitar anda. Bayi anda akan belajar-belajar hal ini sehingga dia cepat tanggap, sadar dan waspada dengan lingkungan di sekitarnya.
  • Ajaklah bayi anda kemanapun anda pergi agar dia bertemu dan mengenal orang-orang. Hal ini akan membantu merangsang metal mereka untuk mengembangkan kehidupan bersosialnya. Biarkan bayi anda melihat kegiatan anda sehari-hari seperti menyikat gigi, menyisiri rambut, berpakaian, menyapu, dan lain-lain. Mereka akan cepat jika belajar hal ini nantinya.
  • Usahakan dampingi bayi anda ketika menonton TV jangan dibiarkan saja karena hal ini membuat bayi anda males berinteraksi social dengan orang. Namun jika anda damping dan anda ajak berinteraksi akan membantu bayi anda untuk menambah minat belajar sesuatu. Pilihlah program TV yang bagus untuk perkembangan kecerdasan bayi anda.
  • Ajaklah bayi anda untuk mendengarkan music, bernyanyi dan menari. Bayi suka dengan music dengan tempo beat dan yang enerjik, keadaan ini membuat bayi anda merasa senang dan selain itu merangsang pikirannya.
  • Biarkan orang lain menggendong bayi anda. Dengan hal ini akan membantu bayi anda untuk tidak egois dan mengenal karakteristik orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka akan menjadi berani dan tidak takut dengan lingkungan alias tidak kolokan.
  • Anda harus selalu tersenyum dalam mengurus bayi anda karena bayi dapat menerima energy yang kita keluarkan. Jika kita sedih maka bayi akan merasa tertekan juga, namun jika anda selalu tersenyum, suasana bayi anda akan merasa bahagia sehingga dia dapat tumbuh dan kembang dengan cerdas.
  • Rangsanglah bayi anda dengan permainan dan mainan. Pilihlah permainan-permainan yang dapat merangsang pikiran bayi anda. Anda dapat memainkan permainan ciluk ba, tepuk tangan, dan lainnya.
  • Anda dapat mengajak bayi anda berbicara dengan lebih satu bahasa karena waktu bayi adalah waktu terbaik memperkenalkan berbagai bahasa kepada bayi anda sehingga nantinya bayi anda mahir dalam berbahasa berbagai bahasa.

Nah itulah beberapa cara merawat bayi yang bisa para bunda lakukan. Tentu sangat menyenangkan bila memiliki bayi yang tumbuh dengan cerdas hingga kelak dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *