Memiliki hunian pribadi dengan hasil keringat sendiri, apalagi hunian tersebut berupa sebuah apartemen di Jakarta, maka dapat dipastikan hal tersebut akan sangat menyenangkan. Kemungkinan lain yang mungkin Anda rasakan adalah rasa waswas. Hak ini terjadi karena bagaimanapun, menyewa apartemen adalah urusan yang cukup rumit hingga banyak hal yang perlu Anda dipertimbangkan. 

Banyak mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan hal-hal krusial lain mengalami kesulitan menentukan tempat lokasi apartemen, harga, bahkan fasilitas yang dibutuhkan. Bisa dibayangkan betapa pusingnya Anda jika Anda sampai memilih apartemen yang salah atau melewatkan sesuatu yang sangat krusial, misalnya ketika Anda kekurangan biaya karena tidak melakukan pencarian apartemen murah namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan pada Anda beberapa tips menyiapkan diri dan memilih apartemen yang sangat tepat bagi Anda. Terutama jika Anda baru pertama kali membeli atau menyewa apartemen.

Pilih Apartemen dengan Uang Muka (DP) Murah

Alasan seorang calon pembeli harus membayar uang muka, adalah untuk menjaga agar tidak terjadi kerugian saat transaksi gagal, sebagai sebuah jaminan. DP juga merupakan faktor penting yang harus Anda persiapkan saat berniat untuk tinggal disebuah apartemen.

Jika budget Anda tidak terlalu besar, Anda seharusnya mencari apartemen dengan uang muka yang murah. Dengan demikian, Anda dapat mengalokasikan dana Anda untuk melunasi pembayaran apartemen atau untuk mempersiapkan perabotan maupun biaya hidup Anda.

Persiapkan dengan baik alokasi dana untuk membayar uang muka pembelian Apartemen Anda. Hingga Anda tidak perlu kesulitan saat tahu besar dan waktu pembayaran uang muka tersebut lebih besar dan lebih cepat dari perkiraan Anda

Biaya Hidup Bulanan dan Jangka Panjang

Uang sewa atau beli apaetemen bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda pikirkan. Anda juga harus menyiapkan biaya pengeluaran lain seperti uang belanja perabot, alat dan bahan pembersih, makanan dan minuman hingga gas dan listrik. Memang ada beberapa apartemen yang telah menyediakan perabotan dasar kebutuhan Anda. Namun, ada baiknya jika ada budget khusus yang Anda siapkan.

Catat dan Siapkan Barang-barang yang Anda Butuhkan

Memiliki sebuah apartemen bukan hanya masalah tempat tinggal saja. Anda harus mempersiapkan setidaknya tiga hal. Pertama perabotan dan bahan-bahan yang Anda butuhkan serta dimana Anda dapat membeli barang tersebut. Kedua, buatlah daftar harga masing-masing hingga Anda dapat menyesuaikannya dengan poin menyiapkan biaya hidup selama tinggal di apartemen.

Yang terakhir adalah menyiapkan tata letak barang, perabot dan lain-lain hingga apartemen Anda akan terlihat rapi dan asri. Hal ini juga memungkinkan Anda dengan mudah mencari dan menemukan perabot, jika dibandingkan dengan tempat yang berantakan dan kotor.

Mempersiapkan Biaya dan Dokumen Persyaratan Sewa atau Beli Apartemen

Uang sewa atau pembelian apartemen adalah hal pertama yang harus disiapkan dalam urusan ini. Meskipun hal ini membuat proses sedikit stres, hal ini juga sedikit banyak dapat melatih Anda mengumpulkan dan menyisihkan pemasukan Anda. Selain mempersiapkan biaya, Anda juga harus belajar membaca dan memahami undang-undang atau peraturan kepemilikan apartemen atau aset lain secara hukum. Hal ini akan menjadi keterampilan yang berharga dan sangay membantu Anda. Bacalah keseluruhan dokumen dengan seksama, dan jangan takut untuk bertanya apakah ada sesuatu yang tidak Anda mengerti.

Jika Anda ingin lebih yakin tentang sewa sebelum Anda menandatanganinya, mintalah pemilik rumah jika Anda dapat memiliki beberapa hari untuk mempelajari dan memikirkannya lebih dalam. Kemudian mintalah seseorang yang Anda percayai, seperti anggota keluarga atau teman berpengalaman, untuk menjelaskannya pada Anda. Jika ada kerabat, kolega, atau teman dekat yang berprofesi sebagai ahli hukum, jangan malu-malu untuk bertanya!

Memilih Lokasi Apartemen yang Tepat dan Strategis

Sebelum Anda memilih gedung apartemen, pastikan Anda telah memikirkan yang sebenarnya di tempat itu berada.Idealnya, Anda akan dekat dengan semua toko dan layanan penting yang Anda perlukan, seperti toko kelontong, minimarket dan restoran, atau warung dengan harga murah. Tergantung kemampuan finansial dan gaya hidup anda. Jika Anda merasa nyaman tinggal dan beraktivitas di tempat yang ramai, atau malah sebaliknya.

Masalah kendaraan juga harus diperhatikan. Perkirakan seberapa jauh apartemen Anda dengan tempat kerja, beberapa lama perjalanan yang harus dilakukan. Jika Anda lebih suka berjalan, cobalah untuk memastikan Anda tidak lebih dari satu kilometer dari tempat Anda bekerja.

Penutup

Demikian artikel tips sebelum membeli dan pindah ke apartemen ini. Panduan ini akan cukup membantu Anda mempersiapkan diri ketika memutuskan untuk membeli dan tinggal mandiri di sebuah apartemen. Terutama apabila Anda ingin membeli dan tinggal di apartemen di Jakarta yang terkenal mahal dan sangat padat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *