Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam termasuk di dalamnya adalah tanaman rempah – rempah. Karena mendapat pengaruh dari berbagai budaya seperti India, Cina, Arab dan Eropa, maka olahan makanan berempah pun semakin variatif.

Masakan berempah memang memiliki citarasa tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan. Meskipun enak dan spicy, menu masakan tersebut ternyata tidak semuanya rumit. Banyak menu masakan spicy lezat dengan olahan sederhana yang layak untuk dicoba. Oleh karena itu, berikut resep resep makanan dari royco yang bisa Anda coba dirumah:

Sayur Lodeh Ikan Asap

Contoh masakan berbumbu yang sangat lezat adalah Sayur Lodeh Ikan Asap. Bahan yang dibutuhkan antara lain 100 gram daun melinjo segar dan tahu pong, 1 buah terong warna ungu serta labu siam yang dipotong kubus dan jagung pipil muda, 1 lembar daun salam, lengkuar yang dimemarkan, ¼ kg ikan asap, 5 batang kacang panjang potong, air kurang lebih 700 ml, santan 200 ml dan 2 sendok teh Royco bumbu masak rasa sapi.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, rebus air dengan Royco bumbu masak rasa sapi hingga mendidih, tambahkan daun salam serta lengkuas, labu, terong, jagung pipil dan kacang panjang. Biarkan agak lama dengan api kecil agar bumbu meresap. Tuang santan perlahan dan ratakan. Terakhir, daun melinjo, ikan asap dan tahu pong dimasukkan untuk selanjutnya disajikan hangat bersama nasi dan bawang goreng.

Sup Makaroni Asam Nanas

Lain lagi dengan Sup Makaroni Asam Nanas. Makanan yang satu ini terbuat dari bakso sapi, makaroni rebus, daging asap, wortel, dan jagung manis pipil. Jangan lupa tambahkan buncis dan nanas sesuai selera. Prosentase ukurannya bisa tergantung ketersediaan bahan. Untuk jenis bumbunya, cincang 2 siung bawang merah, bawang putih dan bawang bombay 4 siung lalu ditumis.

Sedangkan bumbu lain yang digunakan agar lebih spicy yakni ½ sendok teh garam dan lada halus,  1 sendok makan gula pasir dan margarin, ½ sendok makan minyak wijen dan yang paling penting adalah 1 bungkus Royc bumbu masak rasa sapi. Agar rasa lezat, didihkan air dan masukkan tumisan bawang sampai aromanya khas. Lalu, Anda tinggal memasukkan semua bahan dan Sup Makaroni Asam Nanas Siap dihidangkan sebagai menu makan siang kaya nutrisi.

Bayam Udang Kukus

Resep selanjutnya yakni Bayam Udang Kukus dengan bahan 1 ikat bayam yang disiangi lalu direbus, 150 gram wortel potong dadu, 50 gram jagung muda rebus, 2 batang daun bawang irisan halus, 350 gram udang cincang, serta 50 gram Tepung Bumbu Serbaguna Royco. Cara membuatnya sangat sederhana, campur udang cincang dengan telur ayam, Tepung Bumbu Serbaguna Royco, dan wortel dadu. Letakkan bayam dan olesi bagian atasnya dengan adonan udang. Letakkan jagung di atas adonan udang dan kukus selama 20 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *