Saat ini telah ada banyak jenis file seperti MP4, flv, mkv, doc, docx, dan pdf. Namun kali ini kita tak akan membahas mengenai file video dan file dokumeni, tetapi akan membahas file yang dikompres menjadi ekstensi RAR atau ZIP. Baik file RAR atau ZIP sebetulnya merupakan file yang telah dikompres supaya ukuran yang dimiliki lebih aman dan kecil. Lalu, bagaimana cara jitu membuka file RAR di perangkat berbasis Android?

Pastinya tidak asing lagi dengan file berekstensi RAR atau ZIP bagi Anda yang kerap menggunakan perangkat komputer (PC) atau laptop. RAR itu sendiri bisa dibilang menjadi file pembungkus yang dapat digunakan untuk memadatkan berbagai file data, audio, video, dan game atau aplikasi. Saat Anda sedang menjalankan sebuah komputer, tentunya Anda telah mengetahui aplikasi WinRAR. Ya, aplikasi komputer ini dapat dipakai untuk membuat file berekstensi RAR, membuka sampai mengekstraknya. Lantas bagaimana cara jitu membuka file RAR di perangkat berbasis Android?

Walaupun di sektor sistem default Android tak menyajikan sebuah fitur untuk membuka sekaligus mengekstrak file berjenis RAR, namun Anda masih dapat melakukan hal itu dengan bantuan aplikasi khusus yang diberi nama AndroZIP.

  1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi khususnya yang bernama AndroZIP. Anda bisa mendownload dengan gratis melalui layanan Google Play Store.
  2. Bila telah didownload lanjutkan dengan menginstal-nya kemudian jalankan aplikasi itu.
  3. Masuklah ke menu AndroZIP, Anda bakal menemui tampilan yang seperti file managernya pada default Android.
  4. Silakan cari file yang mempunyai ekstensi dengan akhiran RAR atu ZIP yang mau dibuka atau diekstrak.
  5. Anda dapat meng-klik file RAR atau ZIP itu untuk membuak file tersebut. Tetapi bila ingin diekstrat, klik dan tahan selama beberapa detik sampai muncul menu pop up dan pilihlah saja opsi “ekstrak here”.
  6. Tunggulah sampai selesai proses ekstraksi dan muncul file baru yang ada didalam file RAR atau ZIP tersebut.
  7. Sekarang Anda telah dapat membuka file yang diekstrak seperti biasanya.

Bagaimana, tidak sulit dan simple bukan? Ya, dengan menggunakan langkah itu Anda telah dapat membuka sekaligus mengekstrak file RAR atau ZIP dengan gampang melalui smartphone maupun tablet berbasis Andorid. Sekarang, Anda tak usah lagi menggunakan perangkat PC (komputer) atau laptop apabila mau membuka atau mengekstraksi file yang berekstensi RAR atau ZIP.
Tidak cumaa aplikasi AndroZIP, Anda dapat juga menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat menginputkan perintah “RAR” di kolom pencarian Google Playstore untuk dapat  mendapatkan berbagai macam aplikasi untuk dipakai dalam membuka file berekstensi RAR. Demikian info tentang cara jitu membuka file RAR di perangkat berbasis Android. Selamat mengunduh dan semoga bermanfaat adanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *