Logika dan Algoritma image

Logika dan Algoritma apa itu ?

Pengantar

Nah sebelum kita mempelajari Apa itu Logika dan Algoritma sebaiknya kita mempelajari dulu komponen-komponennya sepeterti Sistem Komputer dll.

Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri dari Hardware (perangkat keras) , Software (perangkat lunak) dan Brainware, sedangkan Software dapat dikelompokkan menjadi Operating System Software, Programming Language Software dan Application Program Software.

Bagan Sistem Komputer

Logika dan Algoritma image

Apa itu Logika ?

  • Logika merupakan dasar dari semua penalaran (reasoning). 
  • Logika “the calculus of computer science”.
  • Logika memformalkan semantik bahasa pemrograman dan spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program.

Apa itu Algoritma

 Sejarah

         Ditinjau dari asal usul katanya kata Algoritma Sendiri mempunyai sejarah oleh para ahli Sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi.
         Al- Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. AlKhuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration andreduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). 

 Definisi 

  • Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. 
  • Kamus besar bahasa Indonesia (Balai Pustaka 1988) secara formal mendefinisikan algoritma sebagai: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.

 Algoritma dalam ilmu informatika

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika, Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma.
          Dalam kehidupan sehari-hari banyak terdapat Proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma  sesuai dengan definisinya. Sebagai contoh bagai mana membuat telor dadar, atau membuat resep makanan tentunya harus ada langkah-langkah dalam menyelesaikan

Contoh persoalan Algoritma

Diketahui dua buah gelas, masing-masing berisi : Gelas A berisi Kopi dan gelas B Teh. Jika kita menginginkan untuk menukar kedua isi gelas tersebut sehingga gelas A akan berisi Teh dan gelas B akan berisi Kopi. Bagaimana menuliskan Algorithmanya.

Gambaran prosesnya

Logika dan Algoritma image

Alogoritma Penukaran

  1. Tuang isi gelas B ke gelas C
  2. Tuang isi gelas A ke gelas B
  3. Tuang isi gelas C ke gelas A

Algoritma & Pemrograman

  • Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.
  • Jadi program adalah perwujudan atau Implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam Bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat Dilaksanakan oleh komputer.
  • Jenis Pemrograman secara umum ada P. Sistem Operasi, Aplikasi, Web, Basis Data, Games/Multimedia dan lain sebagainya.

 Prinsip Pemrograman

  • Belajar memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman
  • Belajar memprogram : belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuliskannya dalam notasi yang disepakati bersama
  • Belajar memprogram : bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis
  • Belajar memprogram, titik berat : designer program 

Bahasa Pemrograman

  • Belajar bahasa pemrograman : belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tata cara untuk memanfaatkan instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa
  • Belajar bahasa pemrograman , titik berat : code/coding 

Nah itu tadi Shering ilmu yang bisa saya berikan dan apabila ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan tinggalkan komentar anda.

Baca Juga “Apa itu Propotional Logic”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *